Health Akbar Post
Akbarpost/Corpus alienum adalah benda asing yang berasal dari luar atau dalam tubuh yang dalam keadaan normal tidak ada pada tubuh. Telinga sering kemasukan benda asing.

Kejadian tersebut banyak penyebabnya, pada orang dewasa biasanya dengan mencoba membersihkan kanalis eksternus atau mengurangi gatal atau pada anak-anak yang dengan sengaja memasukkan benda tersebut ke dalam telinganya sendiri. Benda asing di telinga dapat memiliki efek atau tidak. Bisa tanpa gejala sampai dengan gejala nyeri berat sampai dengan terjadinya penurunan pendengaran.

Benda asing yang masuk ke telinga biasanya disebabkan oleh beberapa factor antara lain pada anak – anak yaitu factor kesengajaan dari anak tersebut, factor kecerobohan misalnya menggunakan alat-alat pembersih telinga pada orang dewasa seperti kapas, korek api ataupun lidi serta factor kebetulan yang tidak disengaja seperti kemasukan air, serangga seperti lalat atau nyamuk .

Masuknya benda asing ke dalam telinga yaitu ke bagian kanalis audiotorius eksternus akan menimbulkan perasaaan tersumbat pada telinga, sehingga klien akan berusaha mengeluarkan benda asing tersebut. Namun, tindakan yang klien lakukan untuk mengeluarkan benda asing tersebut sering kali berakibat semakin terdorongnya benda tersebut ke bagian tulang kanalis eksternus sehingga menyebabkan laserasi kulit dan melukai membrane timpani.

Akibat dari laserasi kulit dan lukanya membrane timpanai, akan menyebabkan gangguan pendengaran , rasa nyeri telinga atau otalgia dan kemungkinan adanya risiko terjadinya infeksi.

Download Asuhan Keperawatan Corpus Alienum

ASKEP Download

Posting Komentar

[random][video]
Diberdayakan oleh Blogger.