Health Akbar Post
Akbarpost/Terjadi akibat masuknya benda asing ke dalam bola mata.(kapita selekta kedokteran:68). Trauma tajam atau tembus dapat disebabkan oleh benda tajam atau benda tumpul yang datang dengan cepat dan keras.(ilmu perawatan mata:176).

Dapat terjadi laserasi kornea yang disertai penetrasi kornea. Jika terjadi perforasi kornea yang disertai prolaps jaringan iris melalui luka akan timbul gejala penurunan TIO, COA dangkal atau menghilang, inkarserasi iris melalui luka perforasi, adanya luka pada kornea, edema disertai edema kelopak mata, kemosis konjungtiva, hyperemia, lakrimasi, fotofobia, nyeri yang hebat, penglihatan menurun dank lien tidak dapat membuka mata sebagai mekanisme protektif.

Pada laserasi kornea yang terjadi karena penetrasi benda tidak boleh dicabut kecuali oleh ahli oftalmologi untuk mempertahankan struktur mata pada tempatnya. Trauma tembus pada kornea dapat disertai oleh trauma pada lensa. Penetrasi lensa yang kecil hanya menyebabkan katarak yang terisolasi tanpa mengganggu penglihatan.

Trauma tajam atau tembus (penetrating injuries) disebabkan oleh benda tajam atau benda asing yang masuk ke mata seperti kaca, logam, atau partikel kayu berkecepatan tinggi, percikan proses pengelasan, dan peluru. Benda memasuki mata melalui kelopak mata, sklera, atau kornea.trauma tajam akan menembus konjungtiva, kornea atau sklera dengan konjumgtiva. (askep klien gangguan mata:186).

Download Askep Trauma Tajam Mata

ASKEP Download

Posting Komentar

[random][video]
Diberdayakan oleh Blogger.