Health Akbar Post
Akbarpost/Neuroma akustikPembesaran kelenjar tiroid sebagai akibat pertambahan ukuran sel/ jaringan (Mansjoer Arif). Berbagai faktor diidentifikasikan sebagai penyebab terjadinya hipertrofi kelenjar tiroid termasuk didalamnya defisiensi yodium, gaitrogenik glikosida agent (zat atau bahan ini dapat mensekresi hormon tiroid seperti ubi kayu, jagung, lobak, kangkung, kubis bila dikonsumsi secara berlebihan). Obat-obatan anti tiroid, peradangan dan tumor/neoplasma (Sylvia A.Price).

Iodium merupakan semua bahan utama yang dibutuhkan tubuh untuk pembentukan hormon tyroid. Bahan yang mengandung iodium diserap di usus, masuk dalam kelenjar, iodium dioksidasi menjadi bentuk yang aktif yang distimuler oleh tyroid stimulating hormon kemudian disatukan menjadi molekul tiroksin yang menjadi pada fase sel koloid.

Senyawa yang terbentuk dalam molekul di yodotironin membentuk tiroksin (T4) dan molekul yoditironin (T3),tiroksin (T4) menunjukkan pengaturan umpan balik negatif dan sekresi, tyroid stimulating hormon dan bekerja langsung pada tirotropihypofisis, sedang tyrodotironin (T3) merupakan hormon metabolik tidak aktif.

Beberapa obat dan keadaan dapat mempengaruhi sintesis , pelepasan dan metabolisme tyroid sekaligus menghambat sintesis(T4) dan melalui rangsangan umpan balik negatif meningkatkan pelepasan TSH oleh kelenjar hypofisis keadaan ini menyebabkan pembesaran kelenjar tyroid.

Download Askep Bedah Struma

ASKEP 1Download
ASKEP 2Download
ASKEP 3Download

Posting Komentar

[random][video]
Diberdayakan oleh Blogger.