Health Akbar Post
Akbarpost/Palatoschisis merupakan suatu keadaan penyatuan susunan palato pada masa kehamilan 7 – 12 minggu. ( Sodikin : Asuhan Keperawatan Gangguan Sistem Gastrointestinal Dan Hepatobilier, 2011, Jilid I, Hal : 183)

Labiopalatosisis ( cleft lip and cleft palate) merupakan suatu kelainan yang dapat terjadi pada daerah mulut,palatosisis(sumbing palatum), dan labiosisis( sumbing pada bibir ) yang terjadi akibat gagalnya jaringan lunak ( struktur tulang) untuk menyatu selama perkembangan embrio.(A.Aziz Alimul Hidayat : Pengantar Ilmu Keperawatan Anak, Jilid II, 2012, Hal : 22)

Bibir sumbing adalah malformasi yang di sebabkan oleh gagalnya proseusus nasal median dan maksilaris untuk menyatu selama perkembangan embriootik, sedangkan palatum sumbing adalah fisura garis tengah pada palatum yang terjadi karna kegagalan dus sisi untuk menyatukan selama perkembangan embrionik .( Sodikin : Asuhan Keperawatan Gangguan Sistem Gastrointestinal Dan Hepatobilier, 2011, Jilid I, Hal : 174)

Penyebab celah bibir dan celah palatum belum jelas, tetapi diduga berkaitan dengan riwayat keluarga. Ras dan jenis kelamin memiliki sedikit peran. Celah palatum lebih sering ditemukan pada orang asia, lebih jarang pada orang kulit putih, dan paling jarang pada orang kulit hitam. Anak lali laki lebih sering daripada anak perempuan .

Pada beberapa keluarga, celah bibir dan celah palatum terjadi pada beberapa anggota keluarga, jadi faktor keturunan ikut berperan. Oleh sebab itu resiko kelainan tersebut lebih besar pada anak dari orang tua penderita kelainan tersebut.(Sodikin : Keperawatan Anak Gangguan Pencernaan, Jilid II, 2012, Hal : 96)

Download Askep Bedah Palatoschisis

ASKEP Download

Posting Komentar

[random][video]
Diberdayakan oleh Blogger.