Health Akbar Post
Akbarpost/Trauma tumpul adalah trauma pada mata akibat benturan mata dengan benda yang relative besar, tumpul, keras maupun tidak keras. Trauma tumpul dapat menyebabkan cedera perforasi dapat menimbulkan bahaya seperti infeksi intra okule, retensi serpihan benda asing di dalam bola mata da kerusakan struktur mata yang lebih dalam dan lebih halus. Trauma tumpul pada mata dapat mengenai organ eksterna dan interna mata.

Orbita
Trauma tumpul pada bagian ini dapat menimbulkan fraktur orbita di tandai dengan tepi orbita tidak rata pada perabaan. Jika fraktur terletak di sebelah dalam orabita akan menyebabkan emfisem atau terjad enoftalmos bahkan dapat di serta kerusakan pada foramen optik dan mengenai saraf optic yang mengakibatkan kebutaan. Perdarahan di dalam rongga orbita akan menyebabkan eksoftalmas dan gangguan gerakan bola mata (yang juga bisa terjadi karena kerusakan otot - otot mata luar).

Kelopak Mata
Kelopak mata atau palpebra dapat mengalami hematom atau edema yang menyebabkan kelopak mata tidak dapat membuka dengan sempurna. Dapat juga terjadi kelumpuhan N.VII yang menyebabkan kelopak mata tidak menutup dengan sempurna (lagoftalmos). Pada fraktur basis kranii, pendarahan yang terjadi akan merembes sepanjang dasar orbita yang selanjutnya tampak sebagai hematom di kelopak mata.

Download Askep Bedah Trauma Tumpul Pada Mata

ASKEP Download

Posting Komentar

[random][video]
Diberdayakan oleh Blogger.