Health Akbar Post
Akbarpost/Hiperbilirubinemia adalah meningginya kadar bilirubin dalam darah yang kadar nilainya lebih dari normal yang terjadi pada bayi baru lahir.

Warna kuning akan timbul pada hari ke-2 dan ke-3 dan tampak jelas pada hari ke-5-6 dan menghilang pada hari ke-10. Bayi tampak biasa, minum baik, BB naik biasa. Kadar bilirubin serum bayi cukup bulan  > 12 mg/dL dan pada BBLR 10 mg/dL, dan akan hilang pada hari ke-14.

Pigmen kuning ditemukan dalam empedu yang terbentuk dari pemecahan hemoglobin oleh kerja heme oksigenasi, biliverdin reduktase, dan agen pereduksi non enzimatik dalam sistem retikuloendotelial.

Setelah pemecahan Hb, bilirubin tak terkonjugasi diambil oleh protein intraseluler “Y protein” dalam hati. Pengambilan tergantung pada aliran darah hepatic dan adanya ikatan protein.

Bil yang tidak terkonjugasi dalam hati diubah atau terkonjugasi oleh enzim asam uridin difosfoglukoronat (enzim G-6-PD) menjadi bil mono dan diglucuronida yang polar larut dalam air (bereaksi direk).

Bil yang terkonjugasi larut dalam air dapat dieliminasi melalui ginjal dengan konjugasi. Bil masuk dalam empedu melalui membran kanalikular, kemudian ke sistem gastrointestinal, dan diaktifkan oleh bakteri menjadi urobilinogen dalam tinja dan urine beberapa bilirubin diabsorbsi kembali melalui sirkulasi enterohepatik.

Warna kuning dalam kulit akibat dari akumulasi pigmen bilirubin yang larut dalam lemak, baik terkonjugasi non polar (bereaksi indirek).

Pada bayi dengan hiperbilirubinemia, kemungkinan merupakan hasil dari defisiensi atau tidak aktifnya glukoronil transferase, rendahnya pengambilan dalam hepatic kemungkinan karena penurunan protein hepatic sejalan dengan penurunan aliran darah hepatik.

Jaundice yang terkait dengan pemberian ASI merupakan hasil dari hambatan kerja glukoronil transferase oleh pregnanediol atau asam lemak bebas yang terdapat dalam ASI. Terjadi pada 3-5 hari setelah lahir, jika pemberian ASI dilanjutkan, hiperbilirubinemia akan berangsur-angsur menurun pada kadar yang lebih rendah. Jika ASI dihentikan, kadar bil serum akan turun dan cepat biasanya hanya dalam beberapa hari.

Bil yang patologis tampak ada kenaikan bil dalam 24 jam I kelahiran. Sedangkan untuk bayi yang ikterus fisiologis muncul antara 3-5 hari sesudah lahir.

Download Askep Hiperbilirubinemia

ASKEP Download

Posting Komentar

[random][video]
Diberdayakan oleh Blogger.