Health Akbar Post
Akbarpost/Masalah yang sering di alami seorang pria usia lanjut yang berhubungan dengan sistem perkemihan adalah Benign Prostatic Hyperlasia (BPH). Prostat adalah organ perkemihan yang sering mengalami neoplasma : Benigna atau Maligna.

Masalah ini sering terjadi pada 50 % pria diatas usia 50 tahun, dan 75 % pria di atas 70 tahun. Di Indonesia insiden ini akan banyak ditemukan sehubungan dengan semakin banyaknya usia lanjut karena meningkatnya usia harapan hidup. Dengan demikian akan banyak pula kasus ini tinggal rawat di rumah sakit yang pada umumnya berindikasi pembedahan.

BPH adalah pembesaran jaringan kelenjar prostat yang bersifat jinak. Walaupun tidak diketahui secara pasti penyebabnya sebab bersifat universal terjadi pada usia lanjut. Namun demikian diperkirakan bahwa peningkatan jumlah sel prostat sebagai hasil dari adanya perubahan endokrin yang berhubungan dengan proses penuaan.

Terjadinya akumulasi dihydroxytestosteron (hormonm androgen utama dalam kelenjar prostat), stimulasi estrogen, dan aktifitas hormon pertumbuhan lokal lainnya dianggap berperan dalam terjadinya BPH (Lewis, Heitkemper & Dirksen, 2000).

Demikian pula dengan faktor yang berhubungan dengan diet, pengaruh inflamasi kronik, faktor sosial ekonomi, herediter, dan ras semuanya dapat dipertimbangkan berperan dalam terjadinya BPH (Black & Jacobs, 1997).

Download Askep Benign Prostatic Hyperlasia (BPH)

ASKEP Download

Posting Komentar

[random][video]
Diberdayakan oleh Blogger.