Health Akbar Post
Akbarpost/Arus listrik yang dihasilkan oleh otot jantung selama depolarisasi dan repolarisasi menyebar kejaringan disekitar jantung dan dihentikan melalui cairan-cairan tubuh. Sebagian kecil aktivitas listrik ini mencapai permukaan tubuh dan dapat di deteksi menggunakan elektroda pencatat.

Rekaman (catatan) yang dihasilkan adalah Elektrokardiogram atau EKG. Sebenarnya istilah yang digunakan adalah EKG, karena tekhnik ini dikembangkan oleh seorang ilmuan berbangsa Jerman William Eindhoven dan “Kardia “ adalah kata untuk jantung dari bahasa jerman.

EKG adalah suatu rekaman mengenai sebagian aktivitas listrik dicairan-cairan tubuh yang diinduksi oleh impuls jantung yang mencapai permukaan tubuh, bukan rekaman langsung aktivitas listrik jantung yang sebenarnya. EKG adalah rekaman kompleks yang menggambarkan penyebaran keseluruhan aktivitas dijantung selama repolarisasi dan depolarisasi.

Pada setiap saat rekaman mewakili jumlah aktivitas listrik disemua sel otot jantung, yang mungkin sedang mengalami potensi aksi sementara yang lain belum diaktifkan. Rekaman mencerminkan perbandingan voltase yang terdeteksi oleh elektroda didua titik yang berbeda di tubuh.

Pola pasti aktivitas listrik yang direkaman dari permukaan tubuh bergantung pada orientasi elektroda pencatat. Elektroda secara bebas dapat dipandang sebagai “mata” yang “melihat” aktivitas listrik dan memindahkannya ke rekaman yang dapat dilihat, catatan EKG apakah yang direkaman tersebut adalah ; defleksi keatas atau defleksi ke bawah ditentukan oleh orientasi elektroda berkenaan dengan aliran arus dijantung.

Untuk menghasilkan perbandingan standar, rekaman EKG rutin terdiri dari dua belas (12) sistem elektroda konvensional atau disebut LEAD ke-12. lead tersebut masing-masing merekam aktivitas listrik dijantung. Dari lokasi yang berbeda, 6 susunan listrik dari ekstremitas dan 6 lead dada diberbagai tempat disekitar jantung. Ke-12 lead tersebut digunakan secara rutin disemua rekaman EKG. Sebagai dasar untuk perbandingan dan untuk mengenali adanya deviasi dari normal.

Download Makalah Tentang Elektrokardiogram atau EKG

ASKEP 1 Download
ASKEP 2 Download

Posting Komentar

[random][video]
Diberdayakan oleh Blogger.