Health Akbar Post
Akbarpost/Basalioma atau yang dikenal juga sebagai karsinoma sel basal adalah keganasan pada kulit yang paling sering ditemukan di seluruh dunia, meliputi lebih dari 75% kanker kulit di Amerika Serikat. Berdasarkan beberapa penelitian, orang-orang kulit putih yang lebih banyak menderita jenis kanker kulit ini.

Bahkan beberapa jenis tumor kulit didiagnosa pada lebih dari satu juta orang pertahun di Amerika Serikat. Tumor kulit merupakan salah satu dari beberapa jenis tumor pada manusia yang dapat diikuti secara dini karena dapat dilihat dan diraba sejak permulaan. pengawasan dan penemuan tumor kulit dapat dilakukan lebih dini dan teliti apabila masyarakat juga ikut ditingkatkan pengetahuannya.

Kanker kulit secara umum terbagi atas dua yaitu melanoma dan non melanoma. 'on melanoma sendiri terdiri atas karsinoma sel s(uamos, karsinoma sel basal, dan karsinoma adneksa kulit. &anker kulit yang paling umum ditemukan adalah basal sel karsinoma. )alaupun demikian basal sel karsinoma ini jarang menyebar ke seluruh tubuh, biasanya keganasan ini hanya akan menyebabkan destruksi lokal apabila tidak ditangani dengan baik.

Kanker kulit merupakan tiga serangkai keganasan pada umumnya yang ditemukan di Indonesia. Zaman sebelum penjajahan tumor ganas kulit lebih banyak ditemukan pada rakyat atau petani banyak trauma, tidak memakai sepatu pada golongan pribumi. Setelah penjajahan (sesudah tahun 1945) ternyata tumor ganas sudah berubah, tidak lagi di tungkai. Basal sel karsinoma ternyata banyak ditemukan di sekitar mata. Kelompok umur 50-59 tahun tetap merupakan golongan terbanyak menanggung risiko tumor ganas kulit. Perbedaan antara pria dan wanita tidak bermakna.

Download Asuhan Keperawatan Basalioma Nasolabial Sinistra

ASKEP Download

Posting Komentar

[random][video]
Diberdayakan oleh Blogger.