Health Akbar Post
Akbarpost/Sepsis neonatorum adalah infeksi bakteri umum pada aliran darah. Neonatus berisiko tinggi untuk terkena infeksi sebagai hasil dari berkurangnya imunitas spesidik dan non spesifik seperti terganggunya fagositosis, respon kemostatik yanga lambat atau tidak adanya Ig A dan Ig M.

Hambatan penarikan plasenta pada bayi yang premature menyebabkn bayi mudah terserang virus, bakteri, jamur dan infeksi parasit. Normalnya substansi immune, utamanya Ig G didapatkan dari system maternal dan dibawa kejaringan fetal selama gestasi pada minggu terakhir untuk memberikan imunitas pasif bagi bayi baru lahir terhadap agen infeksi.

Mekanisme pertahanan neonatus selanjutnya menghambat complement yang lebih rendah, disfungsi monosit dan sirkulasi monosit dan leukosit menurun jumlah dan fungsinya tidak efesien.

Sepsis pada periode neonatal dapat diperoleh pada masa melalui plasenta yang berasal dari aliran darah maternal dan selama ingesti atau aspirasi yang dipengaruhi oleh cairan amnion. Pada waktu lahir, infeksi dapat terjadi dari kontak langsung dengan jaringan maternal selama perjalanan kelahiran. Agent infeksi umumnya E. coli yang mungkin terdapat dalam vagina yang berasal dari kontaminasi fekal. Candida albicans, virus herpeks, streptococcus hemolitik adalah mikroorganisme lain yang dapat menyebabkan infeksi pada neonatus yang mendiami vagina.

Bayi berisiko infeksi terhadap dirinya sendiri karena dekatnyya umbilical keperineum. Invasi bakteri dapat terjadi melalui tempat ujung umbilical misalnya kulit, membrane mukosa dan lain-lain
Infeksi post natal diperoleh dari kontaminasi yang berasal dari bayi lain, personal atau objek dalam lingkungan. Bakteri yang sering disebut water bugs (mampu berkembang didalam air) ditemukan dalam air, apparatus yang lembab. Mesin suction, sebagian besar alat respirasi tau indwelling vena dan kateter arteri. Mikroorganisme dapat ditransmisi secara personal dari organ ke orang lain dengan kebersihan tangan yang buruk.

Download Asuhan Keperawatan Sepsis Neonatorum

ASKEP 1 Download

Posting Komentar

[random][video]
Diberdayakan oleh Blogger.