Health Akbar Post
Akbarpost/Tuberkulosis (TBC atau TB) adalah suatu penyakit infeksi yang di sebabkan oleh bakteri mikobakterium tuberkolosa. Bakteri ini merupakan bakteri basil yang sangat kuat sehingga memerlukan waktu lama untuk mengobatinya. Bakteri ini lenih sering mengiinfeksi organ paru-paru disbanding bagian lain tubuh manusia.

Tuberkolosis (TBC) adalah contoh lain infeksi saluran nafas bawa yang biasanya ditularkan melalui inhalasi pericikan ludah (droplet), orang ke orang, dan mengkolonisasi bronkiolus atau alveolus. Kuman juga dapat masuk ketubuh melalui saluran cerna, melalui ingesti susu tercemar dipasteurisasin TB, atau melalui lesi kulit.

Penyebab TB paru adalah Mycobacterium Tuberculosis sejenis kuman berbentuk batang dengan ukuran panjang 1-4 mm, tebal 0,3-0,6 mm sebagian kuman terdiri dari asam lemak / lipid. Ini membuat kuman lebih tahan terhadap asam. Sifat kuman ini adalah aerob dan tidak tahan terhadap sinar matahari. Ada beberapa jenis kuman ini yang patogenik.

TBC adalah penyakit menular yang disebabkan oleh kuman TBC (Mycobacterium tuberculosis). TBC lebih sering manyerang paru-paru namun juga dapat menyerang bagian tubuh lain seperti selaput otak, kulit, tulang, kelenjar getah bening, dan bagian tubuh lainnya. TBC bukan penyakit keturunan dan bukan disebabkan oleh kutukan atau guna-guna. TBC dapat menyerang siapa saja (tua, muda, laki-laki, perempuan, miskin, kaya).

TBC adalah penyakit menular ketika bakterinya berada di udara dan dihirup oleh orang lain. Secara umum, penyakit ini tidak di anggap menular pada anak-anak, yang biasanya terinpeksi dari pasien orang dewasa. Masa inkubasi ( waktu yang diperlukan untuk seseorang menjadi terinfeksi setelah tertular ) bervariasi antara mingguan hingga tahunan, tergantung dari orang itu sendiri dan jenis infeksinya, apakah primer, progresif, atau reaktivasi. Biasanya dokter menganjurkan rawat inap untuk evaluasi awal dan pengobatan TBC.

Download Asuhan Keperawatan Tuberkulosis (TBC)

ASKEP 1 Download
ASKEP 2 Download
ASKEP 3 Download

Posting Komentar

[random][video]
Diberdayakan oleh Blogger.