Health Akbar Post
Akbarpost/Tumor intrakranial termasuk juga lesi desak ruang jinak maupun ganas, yang tumbuh di otak, meningen dan tengkorak. Oleh karena itu penderita tumor otak dating dengan berbagai gejala yang membingungkan, maka diagnosis menjadi sukar.

Tumor otak dapat terjadi pada semua umur, tidak jarang menyerang anak-anak di bawah 10 thn, tetapi paling sering terjadi pada orang dewasa.

Tumor otak memiliki banyak klasifikasi, dan dapat dikelompokkan dalam kelompok besar yaitu:
1. Tumor yang muncul dari pembungkus otak
2. tumor yang berkembang di dalam atau di atas saraf cranial
3. Tumor yang berasal dari dalam jaringan otak
4. Lesi metastatik yang berasal dari bagian tubuh lainnya.

Astrositoma menginfiltrasi otak dan sering berkaitan dengan kista dalam berbagai ukuran. Walaupun menginfiltrasi jaringan otak tapi efeknya pada fungsi otak hanya sedikit sekali pada permulaan penyakit. Pada umumnya astrositoma tidak ganas, walaupun dapat berubah menjadi keganasan yaitu glioblastoma.

Pada umumnya tumor-tumor ini tumbuh lambat, oleh karena itu penderita sering tidak dating berobat walaupun tumor sudah berjalan bertahun-tahun sampai timbul gejala misalnya epilepsy atau nyeri kepala.
Pada makalah ini dibahas secara khusus tentang tumor astrositoma, serta akan diperlihatkan pula penyimpangan KDM dan Asuhan Keperawatan pada klien yang menderita tumor otak.

Download Askep Tumor Intrakranial

ASKEP Download

Posting Komentar

[random][video]
Diberdayakan oleh Blogger.