Health Akbar Post
Akbarpost/Tumor primer otak terjadi sekitar 8 per 100.000 populasi umum. Puncak insidens terjadi pada dekade pertama dan dekade kelima atau keenam. Pada anak-anak, tumor otak merupakan kelompok tumor kedua yang sering ditemukan (setelah leukemia), dan keenam pada orang dewasa.

Secara klinis terpaparkan sebagai tanda yang terlokalisasi akibat rusaknya jaringan atau akibat efek nonspesifik dari naiknya tekanan intrakranial. Klasifikasi berdasarkan asal sel dan derajad deferensiasi.

Pada anak-anak, 70% terletak pada fosa posterior; sebagian besar merupakan tumor intrinsik, pada orang dewasa, 70% terletak supratentorial; tumor intrinsik dan ekstrinsik keduanya sering terjadi.

Tumor metastasik lebih sering terjadi dengan bertambahnya umur, sebagian besar berupa karsinoma, yang mungkin membentuk deposit padat pada SSP atau tersebar melalui CSS, survival tergantung pada umur penderita dan letak, ukuran serta histologi neoplasma
Tumor-tumor otak primer menunjukan kira-kira 20% dari semua penyebab kematian karena kanker, dimana sekitar 20% sampai 40% dari semua kanker pasien mengalami metastase keotak dari tempat-tempat lain.

Pada makalah ini akan dibahas secara umum tentang tumor otak, serta akan diperlihatkan pula penyimpangan KDM dan asuhan keperawatan pada klien yang menderita tumor otak.

Tumor-tumor otak dapat diklasifikasikan kedalam kelompok besar : (1) tumor yang muncul dari pembungkus otak, seperti meningioma dura; (2) tumor yang berkembang didalam atau diatas saraf kranial, paling cocok dicontohkan dengan neuroma akustik; (3) tumor yang berasal dalam jaringan otak, seperti pada jenis glioma; dan (4) lesi metastatik yang berasal dari bagian tubuh lainnya.

Tumor hipofisis dan kelenjar pineal dan pembuluh darah serebral juga tercakup didalam tipe-tipe tumor otak. Pertimbangan klisis yang relevan terdiri dari lokasi dan karakter histologik tumor. Tumor mungkin jinak atau malignan. Namun, karena tumor jinak dapat terjadi didalam daerah vital, tumot ini mempunyai efek yang sama seriusnya dengan tumor malignan.

Download Askep Tumor Otak

ASKEP Download

Posting Komentar

[random][video]
Diberdayakan oleh Blogger.