Health Akbar Post
Akbarpost/Dalam keadaan normal, sel-sel didalam saluran kemih tumbuh dan membelah secara wajar. Tetapi kadang sel-sel mulai membelah diluar kendali dan menghasilkan sel-sel baru yang tidak semestinya ada dan inilah yang disebut dengan tumor (tumor ginjal).tipe tumor ginjal ada 2 yaitu :

Adenokarsinoma ginjal : adalah tumor ganas parenkim ginjalyang berasal dari tubulus proksimal ginjal.
Nefroblastoma : tumor ginjal yang banyak menyerang anak-anak terutama pada usia < 10 tahun sering pada usia 3,5 tahun. Tipe tumor renal yang paling sering ditemukan adalah adenokarsinoma renal atau sel renal yang menyebabkan lebih dari 85 % dari semua tumor ginjal. Tumor ini dapat mengalami metastase dini ke paru-paru, tulang, hati, otak, dan ginjal yang lain (ginjal kontra lateral) seperempat atau setengah dari pasien –pasien tumor renal sudah mengalami kelainan metastatic pada saat penyakitnya didiagnosis.

 Tumor ganas merupakan proses yang biasanya makan waktu lama sekali,bermula ketika sel abnormal diubah oleh mutasi genetic dari DNA seluler. Sel abnormal ini membentuk klon dan mulai berfloriferasi secara abnormal, mengabaikan sinyal mengatur pertumbuhan dalam lingkungan sekitar sel tersebut kemudian dicapai suatu tahap dimana sel mendapatkan cirri-ciri invasive dan terjadi perubahan pada jaringan sekitarnya

sel-sel tersebut menginfeltrasi jaringan sekitarnya dan memperoleh akses ke limfe dan pembuluh-pembuluh darah, melalui pembuluh darah tersebut sel-sel dapat terbawa kearea lain dalam tubuh untuk membentu metastase. Tumor ginjal berasal dari proliferasi patologik blastema metanefron akibat tidak adanya stimulasi yang normal dari duktus metanefron untuk menghasilkan tubuli dan glomeruli yang berdiferensiasi baik.

Tumor ginjal tersusun dari jaringan blastema metanefrik primitif. Disamping itu tumor ini sering mengandung jaringan yang tidak biasanya terdapat pada metanefron normal, misalnya jaringan tulang, tulang rawan dan epitel skuamous.

Download Askep Tumor Ginjal

ASKEP Download

Posting Komentar

[random][video]
Diberdayakan oleh Blogger.