Health Akbar Post
Akbarpost/Uveitis adalah inflamasi pada traktus uvea ( yang meliputi iris, korpus siliari, dan koroid ) . struktur jaringan yang berdekatan dengan jaringan uvea juga mengalami inflamasi . secara anatomis uveitis dapat dikategorikan menjadi uveitus anterior dan uveitis posterior . uveitis anterior, bila mengenai jaringan iris dan badan silier atau keduanya dan uveitus posterior, jika mengenai retina dan vitreus . insiden uveitus sekitar 15 kasus per 100.000 orang dan 75% diantaranya merupakan uveitus anterior.

Penyebab eksogen seperti trauma uvea atau invasi mikroorganisme atau agen lain dari luar . secara endogen, dapat disebabkan idiopatik, autoimun, keganasan, mikroorganisme atau agen lain dari dalam tubuh pasien, misalnya pada infeksi tuberkulosis herpes simpleks dan sebagainya .

Penyakit peradangan traktus uvealis umumnya terjadi pada usia muda dan usia pertengahan. Insidensi dari uveitis di amerika sekitar 15 per 100.000 orang pertahun, atau 38.000 kasus baru pertahun. Sekitar 75 % merupakan uveitis anterior, sekitar 50 % pasien dengan uveitis menderita penyakit sistematik terkait.

Uveitis bisa terjadi pada umur dibawah 16 tahun sampai umur 40 tahun. Pada beberapa negara seperti Amerika serikat, israel, india, belanda dan inggris insiden uveitis banyak terjadi pada dekade 30-40 tahun .

Download Askep Uveitis

ASKEP Download

Posting Komentar

[random][video]
Diberdayakan oleh Blogger.